Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Kesehatan di Balik Pedasnya Lada

Merica atau lada pasti sudah tidak asing apalagi bagi yang sering memasak didapur, lada sudah menjadi bumbu yang wajib ada. Manfaat lada dapat memberikan rasa yang lebih sedap pada masakan. Lada ini merupakan salah satu barang komoditas ekspor terutama untuk negara- negara yang memiliki musim dingin. Dengan mengkonsumsi lada maka badan mereka akan terasa lebih hangat untuk menghadapi musim dingin.

manfaat lada merica, khasiat tanaman lada, pengobatan dengan bahan lada, manfaat kesehatan lada

Lada berasal dari tanaman berjenis pohon anggur kayu yang memiliki ketinggian sekitar 33 kaki. Tanaman ini banyak tumbuh didaerah tropis yang memiliki suhu panad dan juga lembab. Lada akan berbunga setelah berumur skitar 3 sampai 4 tahun. Bunganya berbentuk bunga kecil yang berkerumun berwarna putih.

Lada mengandung banyak sekali senyawa yang baik bagi tubuh. Antara lain adalah minyak esensial seperti piperin dan alkaloid amina yang membuat lada memiliki rasa pedas. Didalam lada juga terkandung monoterpen hidrokarbon seperti sabinene, pinene, terpinene, limonene, myrcene yang membuat lada memiliki sifat aromatik.

Lada juga mengandung selenium, vitamin B kompleks, beta karoten. Juga mineral seperti halnya kalium, kalsium, seng, mangan, besi dan juga magnesium. Lada juga bersifat anti oksidan karena memiliki vitamin C dan vitamin A, polifenol flavonoid, karoten, cryptoxanthim, zea-xanthin, dan juga lycopene. Tak heran jika lada memang banyak digunakan sebagai bahan pengobatan alami.

Berikut adalah beberapa manfaat lada untuk pengobatan

Menurunkan resiko terkena kanker

Bentuknya yang kecil tak disangka memiliki banyak sekali khasiat. Manfaat lada bisa digunakan sebagai obat anti kanker. Kandungan pipering didalam lada yang dapat membantu mencegah resiko terkena kanker dan juga akan menghambat bertumbuhnya sel kanker.

Mengobati penyakit vitiligo

Vitiligo adalah penyakit dimana kulit kehilangan pigmen sehingga tampak hanya warna putih saja. Manfaat lada adalah kandungan piperin didalamnya yang mampu membantu merangsang produksi pigmen kulit. Untuk pengobatannya bisa menambahkan kandungan piperin dengan terapi cahaya ultra violet. Paperin juga akan mengurangi efek cahaya ultra violet yang berlebihan.

Scrub untuk kulit

Kulit yang bersih dan halus pasti menjadi idaman para wanita. Untuk mendapatkannya tak harus membayar mahal ke salon. Manfaat lada bisa membantu menghaluskan dan membersihkan kulit. Kandungan senyawa didalam lada dipercaya mampu memberikan nutrisi untuk kulit sehingga dapat merangsang sirkulasi darah pada kulit. Lada kuga akan membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit.

Menjaga sistem pencernaan

Dengan sistem pencernaa yang sehat makanan yang kita makan tentunya akan diproses dengan maksima. Dengan manfaat lada kita bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan karena dapat merangsang selera makan dan akan meningkatkan sekresi asam klorida didalam perut. Asam klorida sangat diperlukan untuk mencerna protein dan kandungan lain dalam makanan saat proses diperut. Jika perut kekurangan asam klorida maka makanan tidak dapat diproses dengan sempurna sehingga akan menyebabkan mulas, perut kembung, diare dan masih banyak lagi.

Anti Bakteri

Manfaat lada selanjutnya adalah sebagai anti bakteri. Sifat anti bakteri lada dapat membantu kita melawan infeksi yang terjadi karena gigitan serangga. Dengan memberikan lada pada makanan maka akan membuat arteri menjadi bersih. Karena lada akan menghilangkan kelebihan kolesterol didalam tubuh.

Mengatasi kelebihan berat badan

Bagian kulit luar lada akan membantu proses memecah sel lemak didalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat lada untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetaplah jaga kesehatan Anda agar tehindar dari beragam penyakit berbahaya.

Post a Comment for "6 Manfaat Kesehatan di Balik Pedasnya Lada"